• Website Mushola Al-Ikhlas
  • -

Kegiatan SMP (Sarapan Minggu Pagi) Musalla Al-Ikhlas

Kegiatan sarapan minggu pagi bersama. (dok. musholaalikhlas)

MusholaAlikhlas.com - Makan bersama atau berkelompok adalah cara makan yang disunahkan dan lebih mengikuti Rasulullah SAW. Makan secara bersama-sama ini  dapat mendatangkan keberkahan. Selain itu dapat menjalin kekerabatan dan kekompakkan antar sesama.

Kegiatan makan bersamapun dilakukan atau diadakan di Musalla Al-Ikhlas setiap hari minggu pagi. Kegiatan dimulai setelah melaksanakan sholat shubuh, dimana diawali dengan kegiatan kultum membahas mengenai berbagai hal masalah agama. Setelah kegiatan kultum selesai baru dilanjut dengan kegiatan makan bersama.

Nasi dan lauk yang telah dibungkus daun pisangpun ditata rapih diatas meja, dan disertai dengan teh manis yang telah disajikan di meja sebelahnya. Setelah semua siap, takmir masjid akan mulai memberikan pengumuman kepada warga untuk datang dan mengikuti kegiatan makan/sarapan bersama.

Baca Juga : Ayo Memakmurkan Masjid

Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa tumpah ruah dalam kegiatan ini. Ada efek sangat luar biasa yang dihasilkan dari kegiatan makan bersama atau secara berjamaah. Pertama adalah membantu menaikkan nafsu makan. Mereka akan termotivasi untuk ikut-ikutan mencicipi hidangan ketika ada orang sekitarnya makan, apalagi ketika melihat mendoan tempe yang masih hangat baru diangkat dari penggorengan dengan aroma yang khas, siapa yang tidak tergoda  bukan. Kedua adalah dimana kegiatan makan bersama juga menjadi ajang silaturahmi antar warga untuk saling menyapa dan berbincang bersama.

Kita mungkin perlu belajar banyak dari orang tua dahulu yang membudayakan makan bersama, menyelipkan pembelajaran dan nasihat dari setiap momen makan. Seperti berdoa sebelum makan, yang membiasakan agar kita selalu berdoa sebelum melakukan apapun. Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum dan setelah makan. Bersabar bergantian dalam mengantri mengambil makanan. Sopan santun dan beretika saat makan. Menahan ego agar bisa berbagi makanan. belajar mensyukuri makanan yang ada, hingga membangun jiwa sosial pada diri kita.


Hanief Rahardyan

Komentar

  • *Berkomentarlah dengan bijak dan dengan kata-kata yang sopan, terima kasih.

Pos Komentar (1)

  • Hanief

    Alhamdulillah

    • Minggu, 03 Juli 2022, 02:50